Review aplikasi bibit - Bagaimana cara investasinya sampai tips biar dapat keuntungan

Apa itu investasi bibit reksadana ?


Bibit reksadana adalah salah satu plattform untuk berinvestasi secara online melalui aplikasi android.

Jenis investasi yang bisa dilakukan di bibit yaitu investasi reksadana. Investasi reksadana merupakan investasi dimana dana/uang kamu dikumpulkan dengan uang orang lain kemudian dialokasikan ke perusahaan/instansi tertentu agar mendapat keuntungan.

Bedanya investasi reksadana dengan investasi saham yaitu ketika kamu berinvestasi dengan reksadana, dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi, sedangkan ketika kamu berinvestasi dengan saham, kamu harus memonitor dana kamu sendiri.


Manajer investasi (MI) di bibit ada siapa aja sih ?

Buat kamu yang mau belajar investasi di bibit, kamu bisa kepoin Manajer Investasi bibit. 
Nih, list MI bibit yang bisa kamu kepoin untuk pertimbangan mau milih investasi yang mana :
  1. Manulife
  2. Avrist
  3. BNI
  4. Mandiri
  5. Sucorinvest
  6. Majoris
  7. Sinarmas


Apakah aplikasi investasi reksadana bibit penipuan ?

Tidak, aplikasi investasi bibit aman dan terpercaha  karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Link ijin legal bibit di OJK bisa kamu klik disini


Kapan waktu yang tepat 

untuk berinvestasi melalui aplikasi bibit ?

Kamu bisa memulai investasi di bibit saat ini.

Kenapa sekarang ?
Karena investasi bertujuan untuk jangka waktu di masa yang akan datang dan nilai investasi akan naik seiring dengan perkembangan waktu. Apalagi jika kamu memiliki kelebihan uang, kamu bisa menginvestasikannya daripada menghabiskannya.

Investasi di aplikasi bibit ini, bisa kamu mulai kapan saja dan kamu sendiri yang mengatur waktu investasinya. Boleh investasi sekali sebulan, sekali seminggu atau disaat kamu memiliki uang yang lebih.


Kenapa harus investasi di bibit ?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus berinvestasi di bibit :
  1. Biaya minimal investasi murah      Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp.10.000. Murah kan ?
  2. Cashback                                            Khusus untuk kamu yang pemula dan baru pertama kali mendaftar kamu bisa mendapatkan cashback senilai Rp.25.000 untuk minimal investasi Rp.100.000. Berarti kamu sudah untung 25ribu. Cara agar kamu bisa mendapatkan cashback yaitu masukkan kode promo/kode referral : ukhti1 ketika mendaftar.
  3. Pilihan top up yang variatif              Kamu bisa investasi di bibit melalui rekening bank, gopay dan Linkaja. Banyak juga promo-promo di waktu tertentu yang bisa kamu dapatkan.
  4. Investasi di bibit halal                      Kamu bisa memilih investasi syariah karena ada menu investasi syariah di aplikasi bibit
  5. Fitur di aplikasi bibit yang lengkap  Fitur di aplikasi bibit sangat lengkap diantaranya yaitu :
  • Robo advisor                                          Fitur ini akan membantu kamu berinvestasi sesuai dengan tipe/karakter kamu. Robo advisor akan memberikan rekomendasi investasi campuran agar kamu meminimalisir kerugian.
  • support                                                     Jika kamu pemula dalam hal investasi atau mengalami kesulitan dengan aplikasi bibit kamu bisa menanyakannya kepada support bibit.
  • data yang lengkap                          Aplikasi bibit dilengkapi dengan adata yang lengkap serta analisis data yang bisa kamu gunakan untuk membeli portofolio reksadana di aplikasi bibit


Bagaimana cara berinvestasi di aplikasi bibit ?

Cara mendaftar di aplikasi bibit

Kamu harus menginstall dan mendaftar di aplikasi bibit terlebih dahulu. Klik disini untuk mendownload bibit reksadana apk. 
berikut cara mendaftar di aplikasi bibit :

1. Kamu akan masuk ke halaman Home Bibit, klik Register



2. Jawab 6 kuesioner singkat Bibit
    sesuai dengan profil dan tujuan
    investasi kamu. 
Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko kamu, untuk melanjutkan ke registrasi Klik Lanjut Registrasi.






3. Masukkan nomor Handphone yang
aktif dan kode referral di kolom yang tersedia 
isi kode referral dengan ukhti1 untuk  mendapatkan cashback sebesar Rp25.000.
Setelah itu, klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.


5. Kamu akan masuk ke Halaman
    Register, isi kolom yang ada sesuai
    dengan data diri kamu.


6. Upload foto KTP, foto selfie sambil
    pegang KTP dan tanda tangan.


Tanda Tangan: Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas. 
Klik Clear jika tanda tangan yang kamu lakukan belum sesuai dengan tanda tangan di E-KTP, lalu ulangi tanda tangan, jika sudah sesuai klik save.

7. Klik Daftar lalu kamu akan masuk ke
    halaman Setup Pin.

Di halaman Setup Pin, Set Pin kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin.

Perlu diketahui bahwa Pin ini digunakan setiap kali kamu akan melakukan pembelian maupun penjualan reksa dana), jadi pastikan angka pin kamu mudah kamu ingat.
Setelah konfirmasi Pin, silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email

8. Setelah selesai melakukan registrasi, 
    kamu sudah bisa membeli saham,
    obligasi, atau instrumen pasar uang



Setelah melakukan transaksi anda akan mendapat email dari bank kustodian (bank tempat menyimpan dana kita). cek email anda  setelah selesai bertransaksi

Jika kamu masih belum jelas dengan langkah-langkah yang dijelaskan diatas, kamu bisa melihat video cara mendaftar di aplikasi bibit berikut ini :



Tutorial  investasi di aplikasi bibit

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya yaitu memulai investasi.
Kamu bisa memilih investasi dengan rekomendasi robo atau investasi sendiri.

Investasi rekomendasi robo
Investasi rekomendasi robo akan menggabungkan 3 portofolio invetasi dan minimal investasi 100ribu. Berikut ini caranya :

Pertama, lihat portofolionya jika sudah cocok klik investasi sekarang

ketik nominal investasi yang mau kamu beli. Klik cashback jika ingin menggunakan cashback. Lalu klik beli

Centang saya menyetujui pembelian dan klik bayar sekarang
Pilih metode pembayaran lalu klik bayar

Investasi bibit sendiri
Pada Pilihan kedua ini kamu bisa memilih berinvestasi pada portofolio yang mau kamu beli satu per satu. Caranya seperti berikut ini :
Pilih portofolio yang mau kamu beli, jika sudah memilih klik beli

Ketik nominal investasi yang mau kamu investasikan lalu klik bayar sekarang

Centang saya menyetujui pembelian dan klik bayar sekarang


Pilih metode pembayaran lalu klik bayar



Cara menganalisis portofolio reksadana di aplikasi bibit 

1. Pada menu pilih investasi sendiri klik pada tipe investasi yang mau kamu lihat (pasar uang, obligasi, saham atau syariah)



2. Klik pada salah satu portofolio investasi yang mau kamu lihat analisisnya. contohnya di gambar ini saya contohkan obligasi manulife



3. Setelah itu kamu akan melihat grafik analisis pergerakannya D(Hari), M(Bulan) dan Y (Tahun).



dibawahnya ada keterangan minimum pembelian, CARG (pertumbuhan tahunan), Drawdown (tingkat penurunan reksadana), Expense ratio mengukur seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengelola reksa dana. Lebih kecil expense ratio tersebut mencerminkan kepiawaian Manajer Investasi.

Dibawahnya ada mesin waktu reksadana. Fungsinya untuk memberikan simulasi/prediksi jumlah uang yang akan kamu dapatkan di masa depan.




Tips agar kamu mendapat keuntungan 


Perhatikan return, expense ratio dan alokasi aset
tips memilih reksadana lihat persen returnnya yang tinggi (apalagi ingin dapat keuntungan yang tinggi) dan expense ratio yang rendah (karena hal ini mencerminkan kepandaian Manajer investasi mengelola dana)



Kamu juga perlu memperhatikan alokasi aset, karena informasi alokasi aset adalah informasi dimana dana kamu akan disalurkan ke perusahaan tertentu

Pilih investasi jangka panjang
jika ingin berinvestasi jangka panjang (3-5 tahun) maksimalkan investasi di saham, tetapi investasi juga di instrumen lain seperti obligasi dan pasar uang (untuk meminimalisir resiko)


Rutin berinvestasi
dengan berinvestasi tiap bulan akan mengurangi resiko. contohnya pada bulan januari harga turun, bisa jadi bulan febuari justru naik. harga yang naik akan menutupi kerugian pada saat harga turun.


Review aplikasi bibit
Sejauh ini ketika saya menggunakan aplikasi bibit, aplikasinya cukup mudah untuk digunakan. Pada aplikasi ini juga dilengkapi kamus investasi bagi kamu para pemula yang ingin berinvestasi di aplikasi bibit. Ada juga grup untuk komunitas telegram bibit. Cs/support juga cepat dalam membalas.

Yuk mulai investasi hari ini buat kamu mungkin para pelajar, mahasiwa, karyawan atau siapapun yang pengen pensiun lebih dini wajib banget investasi mulai dari sekarang !

Comments

Popular posts from this blog

Hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan sebelum Investasi di aplikasi bibit

Cara menghasilkan uang dari internet di tahun 2020