Hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan sebelum Investasi di aplikasi bibit

Ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan jasa pembelian investasi salah satunya aplikasi bibit. Aplikasi bibit adalah salah satu aplikasi untuk investasi reksadana lewat aplikasi secara online di smartphone. kamu bisa mencari aplikasinya di playstore.

Namun, Sebelum kamu berinvestasi dibibit ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Yuk simak artikel berikut ini

1. Cek apakah aplikasi terdaftar di Ojk atau tidak















salah satu cara untuk memastikan apakah aplikasi investasi aman atau tidak adalah dengan mengecek aplikasi tersebut di website resmi OJK.
Apa itu OJK ?

OJK adalah lembaga resmi negara yang memiliki tugas salah satunya mengawasi dan mengatur kegiatan jasa keungan salah satunya investasi. lembaga penyedia layanan keuangan dan investasi harus melakukan uji kelayakan serta mengantungi izin OJK sebelum mulai beroperasi. Hal ini dimaksudkan agar OJK dapat melakukan pengawasan secara optimal terhadap lembaga investasi tersebut.

Aplikasi bibit sudah terdaftar resmi di OJK 

2. Syarat mendapatkan cashback di bibit


saat mendaftar kamu bisa menggunakan kode referral. Kode referral ini bertujuan agar kamu mendapat bonus RP.50.000 saat pertama kali mendaftar.
kamu bisa pakai kode referral saya : ukhti1

kamu akan mendapatkan bonus sebesar RP.50.000 dengan investasi minimal 100ribu dengan menggunakan robo advisor.  Jadi kalau kamu investasi Rp.100.000 dan menggunakan cashback Rp.50.000, saldo Investasi kamu akan menjadi Rp.150.000. Kamu sudah mendapatkan keuntungan 50ribu.

3. Tips pembelian di aplikasi bibit

Setiap reksa dana memiliki minimum pembelian yang berbeda, minimum pembelian reksadana di bibit mulai dari Rp 10.000 untuk beberapa aset reksadana ada juga yang minimal 100.000 atau 1.000.000 terserah tinggal pilih yang mana

Aplikasi ini menyediakan pilihan pembayaran lewat transfer bank, Gopay dan Lewat linkaja. 


lewat transfer bank

kalau transfer bank, kamu akan diberi nomor rekening bank yang akan kamu transfer. setelah itu kamu harus upload bukti tranfer baru nanti akan diverifikasi,
kelebihan : kalau kamu tidak punya aplikasi gopay atau linkaja kamu bisa transfer bank dan tidak perlu top up gopay dan linkaja kekurangan : kalau nomor rekening banknya beda dengan bank kamu, kamu akan dikenakan biaya transfer antarbank sekitar RP.6.500

Lewat Linkaja

Isi saldo LinkAja tidak kena biaya untuk ke beberapa bank yang bekerja sama. Kamu bisa mengisi saldo LinkAja melalui bank BTN, BNI, BRI, dan Mandiri secara gratis. jadi tidak akan dikenakan biaya transfer untuk keempat bank tersebut.

Lewat Gopay

kamu bisa investasi lewat gopay. kelebihannya kamu hanya akan dikenakan biaya transfer 1 ribu untuk top up pembelian lewat bank. selain itu kamu bisa top up lewat minimarket atau driver.

Note : bibit tidak memberlakukan biaya transfer dan pembelian (jadi gratis) hanya saja kalau kamu transfer lewat bank akan dikenakan biaya transfer antar bank (biaya administrasi transfer) jadi saya menyarankan melakukan pembelian lewat linkaja atau gopay.

Kamu juga bisa investasi di aplikasi bibit lewat ovo maupun dana. Caranya adalah sama seperti cara transfer bank.  Jadi kamu buka aplikasi ovo atau dana kemudian transfer ke rekening reksadana setelah itu upload bukti transfer.
Untuk transfer ovo kamu bisa dikenakan biaya transfer sekitar Rp.2.500

4. kapan pembelian akan selesai diverifikasi ?

Jika kamu melakukan Pembayaran sebelum jam 13.00 WIB, transaksi kamu akan selesai 1 Hari Kerja
Contohnya :
Ketika kamu melakukan pembayaran sebelum pukul 13.00 WIB (misal Senin jam 09:00) maka transaksi akan diverifikasi oleh Manajer Investasi pada hari yang sama (Senin jam 22:00) dan proses pembelian akan selesai sekitar jam 22.00 WIB (Selasa).

Jika kamu melakukan  Pembayaran setelah jam 13.00 WIB transaksi kamu akan selesai 2 Hari Kerja

Apabila pembayaran dilakukan setelah pukul 13.00 (Senin jam 15:00) maka akan diverifikasi oleh Manajer Investasi pada hari bursa berikutnya (Selasa jam 22:00) dan proses pembelian akan selesai sekitar jam 22.00 (Rabu).

Note : jadi saya sarankan untuk membeli sebelum jam 1 siang, tetapi kalau lewat jam 1 juga tidak apa-apa cuma kamu perlu menunggu dua hari pembelianmu selesai

5. Cek email kamu
Setelah kamu melakukan transaksi reksadana dan transaksi tersebut berhasil, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa unit reksadana kamu sudah masuk

6. Cara mencairkan reksadana

Kamu bisa mencairkan reksadana kamu dengan menjualnya. Untuk informasi cara menjualnya kamu bisa klik disini

Karena ada prosedur dan proses yang harus dilalui pencairan dana kamu tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 hari saja. Kamu perlu menunggu 3 – 7 hari agar dana kamu masuk ke rekening.

Kenapa butuh waktu 3 – 7 hari? Karena ada prosedurnya, Pertama, manajer investasi harus menjual reksadana kamu, kemudian dilakukan rekapitulasi berapa penjualan reksadana di hari tersebut, dicatat dan diadministrasi oleh Bank Kustodian, baru ditransfer ke rekening investor.

Nah ini butuh proses dan waktu, tidak bisa langsung selesai sehari, selain itu manajer investasi juga tidak hanya menjual reksadana kamu saja tetapi juga milik orang lain.

penjualan reksa dana saham paling cepat adalah adalah 3 hari kerja. Apabila Bank Kustodian tidak sempat mengirimkan dana investor pada hari ke 3 setelah tanggal transaksi, Bank Kustodian akan mengirimkan dana tersebut keesokan harinya sehingga proses penjualan menjadi 4 hari kerja.

Namun, proses pencairan reksa dana terkadang bisa mencapai 7 hari kerja  apabila nilai transaksi nasabah pada hari itu cukup besar dan banyak yang menjual reksadananya hari itu.

Note : hari kerja adalah hari senin – jumat. Jadi sabtu minggu tidak dihitung ya. Contohnya kalau kamu mencairkan di hari jumat dan butuh waktu tiga hari berarti (senin, selasa, rabu) kemungkinan dana kamu cair di hari rabu

6. Live chat tim bibit
Aplikasi bibit menyediakan support live chat dari tim bibit. Kamu bisa menanyakan apa saja dan biasanya akan dibalas. Jika kamu memiliki masalah, kendala atau ingin bertanya tentang reksadana kamu bisa menanyakan secara langsung.

7. Cara memilih investasi
Kamu bisa memilih investasi lewat rekomendasi robo atau investasi personal. Investasi rekomendasi robo biasanya campuran antara saham, obligasi, dan pasar uang. Kalau investasi personal kamu bisa memilih produk investasimu sendiri, mau invest di saham, obligasi atau pasar uang.

Di aplikasi bibit juga ada grafik yang menunjukkan perkembangan produk reksadana hal ini bisa membantu kamu untuk memilih reksadana mana yang mau kamu pilih dan ada simulasi reksadana. Namun simulasi ini hanya prediksi, kenaikan atau penurunan reksadana tergantung pada kondisi pasar.

Kalau kamu belum begitu paham dengan istilah di aplikasi bibit juga ada kamusnya lho kamu bisa membaca arti istilah-istilah reksadana.
Caranya klik menu profile pilih Glossary. Disitu kamu bisa membaca istilah-istilah yang terkait dengan investasi .

8. Apakah aplikasi bibit yang memegang uang reksadana kita ?
Aplikasi bibit tidak memegang uang reksadana kita, aplikasi bibit hanya penyalur reksadana. Kalau kamu investasi, uang kamu nanti akan masuk ke bank kustodian
Apa itu bank kustodian ? bank kustodian adalah bank yang membantu mengurus asset kamu. Jadi uang kamu aman tersimpan di bank kustodian.

Selain itu uang kamu akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer investasi ini adalah pihak yang diberikan kewenangan mengelola produk reksadana kamu nanti akan dibelikan untuk produk reksadana yang menurutnya menguntungkan. Jadi pihak yang menentukan keuntungan kamu adalah manajer investasi.
Nah, disini OJK berperan mengawasi manajer investasi dan bank kustodian agar bekerja sesuai dengan peraturan.

Note : tips memilih reksadana
lihat persen returnnya (pengembalian) yang tinggi (apalagi ingin dapat keuntungan yang tinggi) dan expense ratio yang rendah (karena semakin rendah expense ratio mencerminkan semakin piawai Manajer investasi mengelola dana).

9. bagaimana keuntungan investasi reksadana ?
Saya sarankan investasi untuk jangka Panjang karena walaupun kadang ada penurunan pasti suatu saat investasi kamu akan naik. Selain itu semakin lama biasanya keuntungannya semakin banyak (jika mengalami keuntungan terus menerus)
Selain itu, saran saya lebih baik kamu investasi rutin minimal sebulan sekali sedikit2 lebih baik daripada hanya investasi sekali dengan nominal yang besar. Hal ini akan meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Tentu saja investasi memiliki resiko baik itu kenaikan atau penurunan. Saat harga turun jatuh justru adalah waktu yang tepat untuk membeli karena nanti pas naik kamu akan mendapat keuntungan.

Note : Tips memimilih investasi bisa kamu baca di tweet saya disini
baca juga : cara untuk mendaftar di aplikasi bibit

Comments

Popular posts from this blog

Cara menghasilkan uang dari internet di tahun 2020